Mantra om, aim, klim, strim

Siva Samhita
Bab V

188
ashuna sampra vaksyami mantra sadhanam uttamam,
aihikamusmika sukham yena syad aviraudhatah.

Sekarang Aku akan mengatakan kepadamu, tentang pelaksanaan terbaik dari japa dan mantra; dari sini seseorang memperoleh kebahagiaan yang sama baiknya dalam dunia diluar ini.

189
yasmin mantre vare jnate yoga siddhir bhavet khalu,
yogena sadhakendrasya sarvesvaye sukha prada.

Dengan mengetahui mantra tertinggi ini, yogi secara pasti memperoleh keberhasilan (siddhi); ini memberikan segala daya dan kesenangan terhadap yogi yang tekun.

190
mulandharesti yat padman catur dala samanvitam,
tan madhye vagbhavam bijam visphurantam tadit prabham.

Pada teratai muladhara yang berdaun bunga empat ada bija aksara yang cemerlang seperti kilat (yakni suku kata aim).

191
hrdaye kama bajamtu bandhuka kusuma prabham,
ajnaravinde saktyakhyam candra koti sama prabham,
vijatrayam idam gopyam bhukti mukti phala pradam,
etan mantrayam yogi sadhayet siddhi sadhakah.

Dalam hati ada bija cinta kasih, yang indah seperti kembang bandhuka (klim) pada ruang antara kedua alis mata (yakni pada teratai ajna) ada bija sakti (strim), yang cemerlang bagaikan puluhan juta bulan. ketiga benih ini hendaknya dijaga kerahasiaannya – mereka memberikan kenikmatan dan pembebasan. cobalah yogi mengulang-ulang ketiga mantra ini dan mencoba untuk memperoleh keberhasilan.

192
etan mantram guror labdhva na drutam na vilambitam,
aksaraksara sandhanam nihsandig dhamana japet.

Cobalah belajar mantra ini dari guru dan cobalah mengulang-ulangnya dengan cepat maupun secara lambat, jaga pikiran bebas dari segala kaeragu-raguan dan memahami hubungan rahasia antara aksara-aksra dari mantra tersebut.

193
tad gatas ca ikacittas ca sastrokta vidhina suddhih,
devyastu purato laksam hutva laksa trayam japet.

Yogi bijaksana, yang secara sungguh-sungguh memusatkan perhatiannya pada mantra ini, yang melaksanakan segala tugas khususnya terhadap varna-nya, hendaknya melaksanakan ratusan ribu upacara api (homa) dan kemudian mengulang-ngulang mantra ini 300.000 kali pada kehadiran devi tripura.

194
karavira prasunantu guda ksirajya samyutam,
kunde yonyakrte dhiman japante juhuyat sudhih.

Pada akhir pengulangan (japa) sakral ini, cobalah yogi yang bijaksana melaksanakan upacara api homa lagi, dalam suatu lubang segitiga dengan gula, susu, mentega dan bunga karavi (oleander).

195
anusthane krte dhiman purva seva krta bhavet,
tato dadati kamanvai devi tripurabhairavi.

Dengan pelaksanaan homa-japa-homa ini, devi tripura bhairavi yang telah didamaikan dengan mantra diatas menjadi berkenan dan menghadiahi segala keinginan yogi.

196
gurum santosya vidhi vailabdhva mantra varottamam,
anena vidhina yukto mandabhagyo pi siddhyati.

Setelah memuaskan guru dan setelah menerima mantra tertinggi ini dengan jalan yang layak dan melaksanakan pengulangannya dijalan yang disebutdibawah dengan pikiran terpusat, bahkan dengan ikatan karma masa lalu yang sangat kuat juga akan memperoleh keberhasilan.

197
laksam ekam japedy astu sadhako vijitendriyah,
darsanattasya ksubhyante yosito madanaturah,
patanti sadhakasyagre nirlajja bhayavarjitah.

Yogi yang telah mengendalikan nafsunya mengulang-ulang mantra ini 100.000 kali, memperoleh tenaga penghibur yang lainnya.

198
japtena ced dvilaksena ye yasmin visaye sthitah,
agacchanti yatha tirtham vimukta kula vigrahah,
dadati tasya sarvasvam tasya ica vace sthitah.

Dengan pengulangan 200.000 kali, ia dapat mengendalikan semua orang – mereka mendatanginya secara sukarela, seperti wanita pergi kesuatu penziarahan. Mereka memberikan apa yang mereka punya dan tetap selalu dibawah pengendaliannya.

199
tribhir laksais tatha japtair mandalikah sa mandalah,
vasamayanti te sarve natra karya vicarana.

Dengan pengulangan mantra ini 300.000 kali, semua dewa pimpinan angkasa seperti juga angkasa itu sendiri, tunduk menjadi wilayahnya.

200
sad abhir laksair mahipalam sabhrtya balavahanam.

Dengan pengulangan sebanyak 600.000 kali, ia menjadi wahana daya kemampuan, bahkan menjadi pelindung dunia ini yang dikelilingi oleh para pelayan.

201
laksair dvadasabhir japtair yaksa rakso ragesvarah,
vasamayanti te sarve ajnam kurvanti nityasah.

Dengan pengulangan sebanyak 1.200.000 kali, penguasa para yaksa, raksasa dan naga, ada dibawah pengendaliannya; semua mematuhi perintahnya dengan mantap.

202
tri panca laksa japtaistu sadhakendrasya dhimatah,
siddha vidyadharas ca iva gandharvapsara samganah.
vasamayanti te sarve natra karya vicarana,
hathac chravana vijnanam sarva jnatvam prajayate.

Dengan pengulangan sebanyak 1.500.000 kali para siddha, vidyadhara, gandharva, apsara ada dibawah pengendalian sang yogi. tak usah diragukan akan hal ini. ia memperoleh pengetahuan dengan segera dari segala daya pendengaran dan dengan demikian mengetahui segalanya.

203
tathasta dasabhir laksair dehe nanena sadhakah,
uttisthenmedinim tyaktva divya dehastu jayate.
bhramate svecchaya loke chindram pasyati medinim.

Dengan pengulangan 1.800.000 kali ia dalam badan ini dapat muncul dari tanah dan ia dengan sungguh-sungguh memperoleh pencerahan badan, ia dapat menjelajahi alam semesta kemanapun ia suka; melihat liang-liang tanah yaitu ia melihat antar ruang dan melekul dari tanah yang padat.

204
asta vimsatibhir laksair vidyadhara patir bhavet,
sadhakastu bhaved dhirman kama rupo mahabalah.
trimsallaksais tatha japtair brahma visnu samo bhavet,
rudratvam sastibhir laksair amara tvam asitibhih.
kotyaikaya mahayogi liyate parame pade,
sadhakastu bhaved yogi trailokye so ti durlabhah.

Dengan pengulangan sebanyak 2.800.000 kali, ia menjadi penguasa vidyadhara. yogi yang bijaksana menjadi kama-rupi (yakni; dapat mengenakan bentuk apapun yang ia inginkan). dengan pengulangan sebanyak 3.000.000 kali, ia menjadi sebanding dengan Brahma dan Visnu. ia menjadi Rudra dengan pengulangan sebnayak 6.000.000 kali, dengan pengulangan 8.000.000 kali ia menjadi penikmat segalanya, dengan pengulangan sebanyak 10.000.000 kali yogi yang hebat terserap dalam param Brahman. seorang yoga seperti itu sulit diketemukan diketiga dunia ini.

205
tripure tripurantv ekam sivam parama karanam,
aksayam tat padam santam aprameyam anamayam.
labhate sau na sandeho dhiman sarvam abhipsitam.

Wahai Devi Siva si penghancur tripura merupakan Yang Tunggal awal dan penyebab tertinggi. Yang bijaksana dapat mencapai-Nya, yang tak berubah, yang tak dapat hancur; damai sepenuhnya tak daapt diukur dan bebas dari segala sakit sebagai tujuan tertinggi.

206
siva vidya mahavidya gupta cagre mahesvari,
mad bhasitam idam sastram gopaniyam ato budhaih.

Wahai Devi yang Agung! ilmu dari Siva ini adalah sebuah ilmu yang hebat (maha vidya) yang selalu terpelihara secara rahasia. karena itu, ilmu yang Ku nyatakan ini bagi yang bijaksana hendaknya memelihara kerahasiaannya.

207
hatha vidha paramgopya yogina siddhim icchata,
bhaved viryavati gupta nirvirya ca prakasita.

Yogi yang mengingikan keberhasilan hendaknya menjaga hatha yoga ini secara rahasia. ia menjadi berhasil selama terjaga kerahasiaannya, dan yang mengungkapkannya akan hilang dayanya.

208
ya idam pathate nityam asyopantam vicaksanah,
yoga siddhir bhavet tasya kramena iva na samsayah.
samoksa labhate dhimanya idam nityam arcayet.

Seseorang bijaksana, yang membacanya setiap hari dari awal sampai akhir, tak diragukan lagi berangsur-angsur memperoleh keberhasilan dalam yoga. ia mendapatkan pembebasan yang menghirmatinya setiap hari.

209
moksarthabhyas ca sarvebhyah sadhubhyah sravayed api,
kriya yuktasya siddhih syad akriyasya katham bhavet.

Biarlah ilmu ini diucapkan pada semua orang suci yang menginginkan pembebasan. dengan melaksanakan keberhasilan akan dapat tercapai; tanpa itu bagaimana mungkin keberhasilan dapat mengikuti?

210
tasmat kriya vidhanena kartavya yogi pumgavaih,
yad rcchalabhasan tustah santy aktvantara samjnakah.
grhasthascapy anasakah sa mukto yoga sahanat.

Karenanya, para yogi harus yoga sesuai dengan aturan pelaksanaan. ia yang puas akan apa yang ia dapatkan, yang mengekang nafsu-nafsunya, menjadi kepala keluarga, yang tidak terlibat dlaam tugas kepala keluarga, pasti memperoleh pembebasan dengan melaksanakan yoga.

211
grhasthanam bhavet siddhir isvaranam japena vai,
yoga kriyabhi yuktanam tasmat samyatate grhi.

Bahkan kepala keluarga yang bertindak sebagai penguasa dpat memperoleh keberhasilan dengan japa, bila mereke melakukan tugas-tugasyoga secara layak. karena itu, biarlah seorang kepala keluarga juga berusaha dalam yoga (harta benda dan keadaan kehidupan tidak menghalangi dalam masalah ini).

212
gehe sthitva putradaradi purnah,
sangam tyaktva cantare yoga marge,
siddhes cihnam ciksya pascad grhasthah,
kridetso vai mammatam sadhayitva.

Dengan hidup dalam rumah ditengah-tengah istri dan anak-anak, tetapi bebas dari keterikatan pada mereka, melaksanakan yoga dalam kerahasiaan, bahkan seorang kepala keluarga menemukan tanda-tanda keberhasilan (secara pelan-pelan menyempurnakan usahanya) dan dengan demikian mengikuti ajaran-Ku; ia selalu hidup dalam penuh kebahagiaan.

Published in: on 29 July 2009 at 10:56 am  Comments (3)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://taksu.wordpress.com/2009/07/29/mantra-om-aim-klim-strim/trackback/

RSS feed for comments on this post.

3 CommentsLeave a comment

  1. untuk apa mengulas kitab diatas?

  2. hanya untuk melengkapi pustaka sanatana dharma sehingga dapat diakses melalui media internet.

  3. ternyata situs ini masih aktif yah ^^
    salam sejahtera untuk ananta

    Om Tat Sat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: