Perbedaan Pendapat 2

Siva Samhita
Bab I

10
anyair matimatam sresthair guptalokana tat paraih,
atmano bahavah prokta nityah sarvagatas tatha

Others, wiser among many, and eagerly devoted to the investigation of the occult, declare that the souls are many and eternal, and omnipresent.

Lainnya, yang lebih bijaksana di antara yang banyak dan yang berkeinginan mengabdi kepada penyelidikan yang bersifat rahasia menyatakan bahwa, jiwa (roh) itu banyak dan abadi serta berada di mana-mana.

11
yadyat pratyaksa visayam tad anyan nasti caksate,
kutah svargadayah santity anye niscita manasah

Others say, “Only those things can be said to exist which are perceived by the senses and nothing besides them; where is heaven or hell?” Such is their firm belief.

Yang lainnya berkata, “Hanya benda-benda yang dapat dipersepsi indra-indra sajalah yang dikatakan ada dan tak seseatupun ada selain hal itu; seperti surga dan neraka dimanakah itu sebenarnya?” Seperti itulah kepercayaan mereka yang teguh.

12
jnana pravaha ity anye sunyam kecit param viduh,
dvav eva tattvam manyate ‘pare prakrti purusau

Others believe the world to be a current of consciousness and no material entity; some call the void as the greatest. Others believe in two essences – Matter (prakriti) and Spirit (purusa).

Yang lainnya percaya bahwa dunia sebagai arus kesadaran dan bukan kesatuan material, beberapa orang menyebut kekosongan sebagai yang teragung. Yang lainnya percaya pada dua inti utama, yaitu – yang bersifat material (prakrti) dan roh (purusa).

13-14
aty antabhinna matayah paramartha paran mukhah,
evam anye tu samcintya yathamati yathamutam

nir isvaram idam prahuh sesvaran ca tatha pare,
vadanti vividhair bhedaih suyuttaya sthiti katarah

Thus believing in widely different doctrines, with faces turned away from the supreme goal, they think,
according to their understanding and education, that this universe is without God; others believe there is a God, basing their assertions on various irrefutable arguments, founded on texts declaring difference between soul and God, and anxious to establish the existence of God.

Jadi dengan mempercayai pada keluasan ajaran yang berbeda dengan pandangan berpaling dari tujuan tertinggi, mereka berpendapat bahwa sesuai dengan pengertian dan pendidikan mereka, alam semesta ini tanpa Tuhanl yang lainnya percaya ada Satu Tuhan dengan mendasarkan pernyataan mereka pada bermacam-macam alasan yang tak dapat dibantah, yang diketemukan dalam naskah-naskah, yang menyatakan perbedaan antara jiwa dan Tuhan dan ingin memantapkan keberadaan Tuhan.

15-16
ete canye ca munayah samjnabheda prthag vidhah,
sastresu kathita hy ete loka vyamoha karakah

etad vivada silanam matam vaktum na sakyate,
bhramanty asmin janah sarve mukti marga bahis vrtah

These and many other sages with various different denominations, have been declared in the Shastras as leaders of the human mind into delusion. It is not possible to describe fully the doctrines of these persons so fond of quarrel and contention; people thus wander in this universe, being driven away from the path of emancipation.

Para bijak ini dan yang lain-lain dengan bermacam-macam sebutan yang berbeda, telah dinyatakan dalam sastra-sastra sebagai penuntun pikiran manusia ke dalam khayalan. Tak mungkin melukiskan ajaran orang-orang ini sepenuhnya, yang sedemikian gemar akan pertengkaran dan perdebatan; orang-orang demikian itu mengembara di alam semesta ini, dijauhkan dari jalan pembebasan.

Published in: on 24 July 2009 at 6:06 pm  Leave a Comment  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://taksu.wordpress.com/2009/07/24/perbedaan-pendapat-2/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: